Wales Pastikan Dapat Tiket Playoff Setelah Tahan Imbang Belgia

0
Penyerang tim nasional Wales Kieffer Moore merayakan golnya ke gawang Belgia dalam laga pemungkas Grup E kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Kota Cardiff, Cardiff, Wales, Selasa (16/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/ACTION IMAGES/Matthew Childs)

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Tim nasional Wales memastikan mendapat tiket fase playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa setelah menahan imbang Belgia 1-1 dalam laga pemungkas Grup E di Stadion Kota Cardiff, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Belgia lebih dulu memimpin berkat aksi Kevin De Bruyne menyambar bola muntah dengan tembakan melengkung yang melewati beberapa pemain dan tak terjangkau kiper Danny Ward pada menit ke-12.

Tuan rumah mampu mencetak gol balasan pada menit ke-32 saat para pemain Belgia gagal mengantisipasi bola. Umpan silang Daniel James dan hal itu dimanfaatkan oleh Kieffer Moore. Demi menyarangkan si kulit bundar ke dalam gawang tim tamu.

BACA JUGA: PSSI Pastikan Empat Pemain Luar Negeri yang Diajukan Shin untuk Timnas

Belgia nyaris merestorasi keunggulan lima menit jelang turun minum, tetapi tembakan voli Thorgan Hazard menyambut umpan De Bruyne masih menghantam tiang gawang.

Enam menit jelang bubaran waktu normal, Wales hampir berbalik meraih kemenangan. Akan Tetapi tembakan akurat Neco Williams yang sudah mengarah akurat ke pojok atas gawang mampu diantisipasi. Lewat aksi penyelamatan gemilang kiper Koen Casteels, memaksa skor 1-1 bertahan hingga bubaran.

Kendati demikian, skor imbang tersebut cukup bagi Wales untuk mengunci posisi runner-up Grup E dengan koleksi 15 poin dan melangkah ke fase playoff demi menjaga kesempatan menyusul Belgia yang sudah lebih dulu lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Praha, Republik Ceko menang 2-0 atas Estonia berkat gol-gol Jakub Brabec dan Jan Sykora.

BACA JUGA: Alvaro Morata Bawa Spanyol ke Putaran Final Piala Dunia 2022

Sayangnya, kemenangan itu hanya cukup bagi Ceko untuk finis di posisi ketiga Grup E dengan raihan 14 poin.

Pun demikian, Ceko juga akan ikut serta dalam fase playoff melalui jalur capaian mereka di UEFA Nations League 2020/21. Sebagaimana juga diperoleh oleh Austria.

Wales, Ceko dan Austria baru akan mengetahui masing-masing di babak semifinal playoff dalam pengundian pada 26 November nanti.

(int4)

+ posts