Regional

Sabtu, 6 Maret 2021 - 18:27 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Sebanyak 330 vial vaksin  diterima Kota Batu untuk program vaksinasi tahap dua termin pertama. Di tahap kedua ini program vaksinasi ditujukan kepada kelompok prioritas pelayanan publik.

Sebanyak 330 vial vaksin diterima Kota Batu untuk program vaksinasi tahap dua termin pertama. Di tahap kedua ini program vaksinasi ditujukan kepada kelompok prioritas pelayanan publik.

Tambah Tenaga Vaksinator, Program Vaksinasi Dikebut

BERITALOKA.COM-KOTA BATU- Program vaksinasi terus dikebut Dinkes Kota Batu yang menambah jumlah vaksinator. Saat ini vaksinator di Kota Batu berjumlah 140 orang. Sebelumnya hanya memiliki 45 vaksinator.

“Penambahan vaksinator itu berasal dari UPT Materia Medica, Klinik Margi Rahayu, Klinik Polres, Arhanud, dan RS Punten. Dengan masing-masing rumah sakit terdiri dari dua tim,” terang Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr Susan Indahwati.

Susan menjelaskan, pihaknya menargetkan 70 persen populasi Kota Batu terlindungi vaksin Covid-19. Hingga saat ini, pada vaksinasi tahap kedua dosis pertama. Setidaknya sudah ada sekitar 2183 masyarakat Kota Batu tersuntik vaksin. Mulai dari Wawali, Kepala OPD, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, jurnalis, dan pelayan publik lainnya.

“Dari 2183 orang ini, juga terdiri dari 370 orang nakes Kota Batu. Yang belum tercover vaksin pada proses vaksinasi tahap pertama lalu,” jelasnya.

Ia menjelaskan, alasan kenapa vaksinasi di Kota Batu ini dikebut. Tujuannya agar segera tercipta herd imunity sehingga pandemi Covid-19 segera usai. Dengan begitu seluruh sektor kehidupan di Kota Batu bisa segera normal kembali.

“Target vaksinasi bagi pelayan publik dan lansia ada sebanyak 9000 orang. Dari total yang terdaftar sebanyak 48 ribu orang. Itu karena, hanya akan ada 20 persen orang yang terdaftar dan akan divaksinasi,” jelasnya.

Pemberian vaksin akan dilanjutkan kepada masyarakat umum setelah vaksinasi kelompok pelayanan publik dan lansia. Kedua kelompok itu ditargetkan rampung pada bulan Juni. Dijelaskan Susan, untuk vaksinasi bagi masyarakat umum dilakukan rutin di fasilitas kesehatan (faskes) yang telah disediakan oleh Dinkes Kota Batu.

“Nanti ketika proses vaksinasi kepada masyarakat umum ini sudah berjalan. Proses vaksinasi akan dilaksanakan setiap hari di setiap nakes yang telah disediakan. Dengan batasan, perhari puskesmas bisa melakukan 50 orang sedangkan untuk RS bisa 150 sampai 200 orang,” tandasnya.(wok/aka)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya