Regional

Kamis, 6 Mei 2021 - 13:33 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Polres Malang Telah Laksanakan Simulasi Penyekatan Mudik Lebaran 2021

BERITALOKA.COM – MALANG – Simulasi penyekatan larangan mudik 2021 telah dilakukan Jajaran Polres Malang kemarin, Rabu (5/5/2021) di Terminal Karangkates, Sumberpucung. Dalam kegiatan tersebut disaksikan pula oleh Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang.

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar menjelaskannya hari ini, Kamis (6/5/2021), saat simulasi berlangsung petugas gabungan juga memeriksa KTP pengendara yang melintas untuk memastikan asal domisili yang bersangkutan.

“Jadi, kami tidak hanya beracuan pada plat nomor kendaraan. Melainkan juga dilakukan pemeriksaan KTP pengendara dan penumpangnya,” ucap Kapolres

Menurut Hendri, pos penyekatan ini dilakukan untuk pemeriksaan jika ada pengendara yang berasal dari luar daerah masuk ke Kabupaten Malang, maka akan dilakukan putar balik ke daerah asalnya.

“Begitupula apabila ada warga Kabupaten Malang yang keluar daerah, maka selama aturan larangan Mudik tidak diperkenankan ke luar daerah, akan diinstruksikan untuk putar balik juga” jelasnya.

Akan tetapi, lanjut Hendri, aturan larangan Mudik tersebut tidak berlaku bagi pengendara tertentu. Diantaranya tugas dinas, keadaan Darurat, menjenguk orang tua yang sakit dan bekerja.

“Dengan kondisi khusus, mereka harus bisa menunjukkan surat dinas maupun surat tugas dari tempat kerjanya masing-masing. Sedangkan untuk kondisi darurat, pengendara wajib menunjukkan foto atau bukti bahwa terjadi Kedaruratan tersebut ke petugas yang memeriksa di Pos Penyekatan,” tukasnya.

Sebagai informasi, dalam simulasi penyekatan yang dilakukan Polres Malang mendukung aturan Larangan Mudik, juga dihadiri Bupati Malang Sanusi dan Dandim 0818 Letkol Inf Yusub Dody Sandra. (aje/kal)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya