Regional

Selasa, 4 Mei 2021 - 20:57 WIB

2 hari yang lalu

logo

PMI Asal Kota Batu Mulai Berdatangan

BERITALOKA.COM-KOTA BATU– Satu per satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kota Batu mulai berdatangan. Terbaru, per hari ini (Selasa, 4/5), Pemkot Batu menerima laporan kedatangan seorang PMI asal Desa Beji, Junrejo, Kota Batu.

Pemkot Batu melalui instansi lintas sektor akan melakukan penjemputan kepada PMI tersebut yang kini berada Asrama Haji Sukolilo. Penjemputan akan dilakukan Dinkes, Dishub dan Bidang Ketenagakerjaan DPMPTSP-TK.

Beberapa hari lalu, juga tercatat ada dua PMI asal Kota Batu yang tiba. Satu PMI berinisial NYS yang bekerja di Singapura. NYS merupakan warga Dusun Kandangan, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu. Sedangkan satu PMI lainnya merupakan warga Desa Tulungrejo. Warga itu berinisial RMA yang baru tiba dari Taiwan.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, dari data sepanjang 2020-2021 yang dihimpun DPMPTSP-TK Kota Batu, terdapat 24 PMI asal Kota Batu. Mayoritas mereka bekerja di Hongkong.

Menunggu Info dari Pemprov

Lebih lanjut, Punjul belum bisa memastikan apakah semua PMI asal Kota Batu itu akan kembali ke kampung halamannya saat menjelang lebaran. Dia menunggu informasi lebih lanjut dari Pemprov Jatim terkait hal itu.

“PMI itu bisa saja pulang dan tidak, tetapi yang jelas kami siap untuk memfasilitasi itu ketika sampai di Kota Batu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar politisi PDIP itu.

Ia mengatakan, Pemkot Batu telah menyiapkan segala mekanisme bagi PMI asal Kota Batu yang terlanjur datang. Mekanisme itu meliputi tes swab PCR dan selanjutnya dikarantina di Asrama Haji Sukolilo selama dua hari. Setelah itu akan dijemput untuk dibawa ke desa/kelurahan asal mereka masing-masing.

Di tingkat desa/kelurahan mereka juga harus menjalani isolasi selama lima hari. Berlanjut pada tahap berikutnya yakni rapidtes antigen. Bagi yang hasilnya negatif baru diperkenankan bertemu keluarganya.

Sebelumnya pada Sabtu (1/4) Kota Batu kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Taiwan. PMI itu diketahui berinisial RMA telah dikarantina di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya. Wanita yang tinggal di Desa Tulungrejo itu, setelahnya dibawa ke PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) di PT Surabaya Yudha Citra Perdana (SYCP), Malang. Saat ini Dinas Kesehatan Kota Batu, juga terus melakukan pemantauan terhadap wanita tersebut.

“Saat ini masih belum bisa bertemu dengan keluarganya yang bersangkutan, nanti kalau sudah selesai baru bisa,” katanya. RMA juga harus melakukan isolasi mandiri tetapi di rumahnya yang kosong.(wok/aka)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya