Regional

Minggu, 10 Mei 2020 - 16:28 WIB

12 bulan yang lalu

logo

Ekonomi Terpuruk Dampak Covid-19, KAHMI Pragaan Bagi-Bagi Sembako ke Kaum Dhuafa dan Anak Yatim

BERITALOKA.COM – SUMENEP – Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya menyasar bidang kesehatan dan sosial. Namun, sangat terasa pula dalam sektor ekonomi. Terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Pemerintah dalam hal ini tidak tanggung-tanggung mengeluarkan dana besar untuk bantuan sosial. Baik berbentuk sembako atau bantuan tunai seperti BLT Dana Desa dan sebagainya. Tidak hanya pemerintah, banyak dari kalangan masyarakat yang berpartisipasi menanggulangi dampak virus mematikan tersebut.

Korp Alumni HMI (KAHMI) Sumenep, Pragaan, Madura, Jawa Timur, salah satu dari sekian banyak yang berpartisipasi menghadapi masalah negeri ini. Kahmi Pragaan menggelar Bakti Sosial (Baksos) pada Minggu 10 Mei 2020 dengan membagikan paket sembako pada kaum dhuafa dan anak yatim di Kecamatan Pragaan.

Rahmad Hidayat, Koordinator KAHMI Pragaan menyampaikan, Ramadan adalah momentum yang tepat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Apalagi ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya Covid-19. Perekonomian masyarakat terpuruk, terutama masyarakat terdampak. Penghasilan mereka semakin berkurang. Hal itu yang menginspirasi anggota KAHMI Pragaan untuk menggelar baksos ini.

“Ini bagian dari ikhtiar kami dalam membantu warga yang kurang beruntung. Karena bantuannya sangat terbatas, yakni seratus paket. Penerima kami seleksi secara ketat,” katanya kepada nusadaily.com.

Sumbangan dari Anggota dan Alumni

Ia menjelaskan, dana untuk baksos merupakan sumbangan dari anggota KAHMI yang berdomisili di Kecamatan Pragaan. Namun, tambahnya, Sebagian dana juga berasal dari alumni HMI di sejumlah daerah di Jawa Timur.

“Alhamdulillah, kawan-kawan kompak. Mereka menyisihkan rezekinya untuk berbagi dengan kaum dhuafa dan anak yatim. Semoga dicatat sebagai amal baik di bulan mulia ini,” harap pria yang akrab di sapa yayak itu.

Pihaknya, menurut yayak berpedoman terhadap motto “Mengabdi Untuk Bangsa, Barbagi Dengan Sesama”. Itu yang kemudian menjadi kekuatan bagi KAHMI Pragaan untuk peduli terhadap kondisi sosial masyarakat.

“Insyaallah tanggal 17 mendatang kita akan menggelar bagi-bagi takjil. Insyaallah ada 300 paket yang akan dibagikan,” pungkasnya.

Di lain tempat, Pengurus MW KAHMI Provinsi Jatim Tsabit, sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh KAHMI Pragaan tersebut. Ia juga berpartisipasi dalam kegiatan itu dan berharap para juniornya meluruskan niat.

“Niat kita ingin membesarkan kaum dhuafa. Bukan mencari kebesaran dari kaum dhuafa,” jelasnya. (nam/top)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya