Nusantara

Jumat, 11 Juni 2021 - 01:30 WIB

6 hari yang lalu

logo

Salah seorang peserta isolasi terpusat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengha, dipersiapkan untuk diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jateng, dengan didampingi petugas medis dengan berpakaian APD. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Salah seorang peserta isolasi terpusat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengha, dipersiapkan untuk diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jateng, dengan didampingi petugas medis dengan berpakaian APD. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Seorang Penderita COVID-19 Asal Kudus Meninggal Saat Jalani Isolasi di Donohuan

BERITALOKA.COM – KUDUS – Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengabarkan bahwa ada satu orang yang menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohuan, Kabupaten Boyolali, karena terpapar virus corona meninggal dunia.

“Warga yang meninggal pada Rabu (9/6) malam bernama Subiyanto (63) warga Desa Mlati Lor, Kecamatan Kota, Kudus. Dimungkinkan memiliki komorbid atau penyakit bawaan,” kata Pelaksana harian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Masut di Kudus, Kamis.

BACA JUGA: Pemkab Kudus Siapkan Anggaran Rp67,03 Miliar untuk Penanganan COVID-19 – Nusadaily.com

Sebelum meninggal, kata dia, Subiyanto sempat dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Solo untuk mendapatkan perawatan.

Terkait dengan warga yang boleh diisolasi di Asrama Haji Donohudan, kata dia, Tim Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus sudah mengevaluasi untuk kriteria pasien yang bisa diberangkatkan ke Boyolali.

Di antaranya, tidak mengizinkan ibu hamil diisolasi di asrama haji, namun untuk batasan usia belum diatur.

Dengan adanya kasus meninggal tersebut, maka akan menjadi bahan evaluasi dan menambahkan poin-poin tambahan untuk persyaratan yang bisa diisolasi ke Boyolali.

“Paling tidak, yang bisa diisolasi terpusat harus bisa mengurusi dirinya sendiri dan kondisi pasien tenpa gejala ataupun bergejala ringan. Meskipun bergejala ringan, namun tidak bisa mengurus dirinya sendiri tentu akan dibatalkan keberangkatannya,” ujarnya.

BACA JUGA: 11 ASN yang Terpapar COVID-19 di Kudus Diisolasi di Asrama Haji Donohudan – Noktahmerah.com

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kudus Budi Waluyo mengungkapkan BPBD Kudus sudah mengambil jenazah di Solo untuk dikebumikan di Kudus.

“Saat ini masih dalam perjalanan dari Solo dan nantinya dikebumikan secara protokol standar COVID-19,” ujarnya.(eky)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya