Nusantara

Minggu, 14 Februari 2021 - 13:17 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Ilustrasi Vaksinasi. (BioNTech)

Ilustrasi Vaksinasi. (BioNTech)

Benar Tak Ada Efek Samping, Nakes di Nagan Raya Rebutan Minta Divaksin

BERITALOKA.COM – SUKA MAKMUE – Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Nagan Raya, Provinsi Aceh yang telah disuntik vaksin COVID-19 terbukti tak bergejala negatif dan tak merasakan efek samping. Hal itu membuat ratusan nakes lainnya yang belum mendapat giliran berebut minta divaksin.

Petugas vaksinator dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh sejak dua hari terakhir pun mengaku kewalahan melayani permintaan ratusan nakes yang rebutan vaksin COVID-19 tersebut.

BACA JUGA: IDI Malang: Vaksin Sinovac Aman Digunakan

“Banyaknya tenaga kesehatan yang rebutan divaksin karena mereka melihat sejumlah teman sejawat mereka yang sudah disuntik vaksin Sinovac-Biofarma, sama sekali tidak bergejala negatif atau tidak menimbulkan efek samping pascapenyuntikan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh Said Azman, Minggu (14/2) kepada Antara.

Menurutnya, rebutan untuk mendapatkan vaksin tersebut dinilai positif oleh pemerintah daerah, karena memberikan semangat baru bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh untuk menyukseskan program vaksinasi secara nasional yang digagas oleh pemerintah pusat.

Di sisi lain, semangat dan optimisme tenaga kesehatan untuk mendapatkan suntik vaksin merupakan sebuah kebanggaan bagi pemerintah daerah. Karena hal ini dapat memberikan semangat dalam mengakhiri pandemi COVID-19 di Tanah Air.

“Meski petugas vaksinator kewalahan melayani aksi rebutan vaksin ini, namun kami berupaya tetap memberikan layanan kepada tenaga kesehatan secara profesional, sesuai dengan petunjuk teknis vaksinasi dari Kementerian Kesehatan,” kata Said Azman.

Said Azman juga menambahkan, selain dari tenaga kesehatan, sejumlah masyarakat di Kabupaten Nagan Raya Aceh juga meminta agar mereka segera mendapatkan penyuntikan vaksin oleh tenaga kesehatan.

Permintaan ini dilakukan masyarakat karena setelah melihat tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksinasi, sama sekali tidak memberikan gejala buruk setelah disuntik vaksin Sinovac-Biofarma.

Namun, karena masih terbatasnya jumlah vaksin yang tersedia, Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya Aceh untuk sementara masih memfokuskan penyuntikan vaksin kepada tenaga kesehatan.

“Untuk sementara kita fokuskan dulu kepada tenaga kesehatan, karena mereka menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat nantinya,” kata Said Azman.

BACA JUGA: Nakes Mukomuko Pingsan Usai Divaksin Covid-19, Kenapa?

Sementara itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya Aceh Suherman secara terpisah juga mengatakan rebutan vaksin oleh tenaga kesehatan di daerah itu membuat vaksinator semakin bersemangat untuk melakukan penyuntikan.

Hingga Sabtu (13/2)  malam, jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Nagan Raya yang mendapatkan suntikan vaksin sudah mencapai 703 orang, dari total 1.634 tenaga kesehatan yang wajib mendapatkan vaksin dari pemerintah.(lna)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya