Tiap Temuan Kerusakan Konstruksi Jalan di Proyek Multiyears Jember Harus Diperbaiki

14
Warga melintas diantara terhentinya alat-alat berat proyek perbaikan jalan di ruas jalan Kaliwates, Kabupaten Jember. (nuaadaily.com/Sutrisno)

BERITALOKA.COM – JEMBER – Warga menemukan sejumlah titik kerusakan kosntruksi pada lokasi proyek peningkatan jalan yang berada di kawasan Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember.

Temuan berupa shoving dan stripping. Yakni, kerusakan berwujud sungkur akibat deformasi plastis karena di tikungan tajam, dan disertai sedikit pengelupasan oleh sebab kurangnya ikatan antar lapis permukaan.

Kamis, 20 Juli 2022, temuan itu oleh warga disampaikan ke Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Kyai Abdullah Subai. Kemudian ia meneruskan pengaduan warga ke Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BMSDA) Jember.

BACA JUGA: Sanksi Bagi Kontraktor Multiyears Jalan Jember yang Lewati Deadline Kontrak

“Kami berharap agar digarap secara benar, supaya tidak lagi ada jalan yang rusak seperti itu. Jalan ini kan umurnya dari waktu digarap baru seminggu,” tuturnya.

Berdasarkan papan pengumuman, proyek jalan di Desa Selodakon tersambung dari Desa Tanggul Wetan hingga ke Desa Darungan. Proyek dikerjakan PT Diatasa Jaya Mandiri dengan kontrak senilai Rp23,6 miliar.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU BMSDA Jember, Yoyok Subagiono menyampaikan proyek itu bagian dari program peningkatan jalan yang dibiayai dengan skema anggaran tahun jamak atau multiyears 2021-2022.