NFT Foto Koruptor Dijual, Nazaruddin hingga Setya Novanto

    1
    Setya Novanto (TEMPO/Dhemas Reviyanto Atmodjo)

    BERITALOKA.COM – JAKARTA – Sejumlah foto koruptor dijual di platform OpenSea dalam bentuk non-fungible token (NFT) mulai dari Nazaruddin hingga Setya Novanto.

    Foto-foto koruptor tersebut dijual dalam sebuah koleksi yang mengatasnamakan lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    BACA JUGA: Gubernur Khofifah Minta Milenial Jatim Baca Peluang Baru NFT

    Koleksi tersebut dikelola oleh akun bernama FakePresidente, dan memuat enam tersangka kasus korupsi, yakni Muhammad Nazaruddin, Miranda S Goeltom, Djoko Susilo, Akil Mochtar, Bupati Boul Amran Batalipu, dan Setya Novanto.

    FakePresidente menjual masing-masing foto koruptor dengan harga yang berbeda, mulai dari 0,059 Ethereum (ETH) atau sekitar Rp2,791 juta hingga yang paling mahal 0,09 ETH Rp4,15 juta untuk foto NFT Setya Novanto.

    BACA JUGA: The Goods Dept Rilis Koleksi NFT Pertama

    Dalam laman tiap koruptor, penjual juga memberikan deskripsi kasus yang menjerat masing-masing koruptor. Misalnya, Muhammad Nazaruddin yang diberi deskripsi korupsi Wisma Atlet Hambalang.

    BACA JUGA: Wow! Crazy Rich Bangka Beli Lukisan NFT Ridwan Kamil Rp45,5 Juta

    Penjualan untuk foto-foto tersebut dijadwalkan berakhir pada pertengahan Februari mendatang. Sedangkan untuk tanggal awal listing tidak diketahui.

    Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Rabu (19/1) pukul 15.44 WIB, sejumlah foto bahkan telah mendapatkan penawaran dari pengguna OpenSea lain.

    Platform OpenSea mulai ramai diperbincangkan dan dikunjungi sejak foto selfie seorang pemuda bernama Ghozali viral di jagat maya.

    BACA JUGA: Kiat Jual NFT di Opensea Seperti Foto Selfie Ghozali Everyday

    Foto-foto selfie Ghozali yang dikumpulkan dalam sebuah koleksi berjudul Ghozali Everyday berhasil terjual dengan harga fantastis. Harga paling murah untuk satu buah foto selfie Ghozali bahkan mencapai 0,3 ETH atau sekitar Rp13,7 juta.

    Kini berkat namanya yang meledak, geliat NFT di OpenSea diwarnai dengan karya-karya yang ‘tidak lazim’, mulai dari foto selfie yang disertai KTP hingga foto lemari jadul.(mic)

    + posts