Jawa Timur Jadi Tuan Rumah Kongres Internasional Permukiman pada Oktober

0
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat menggelar pres conferece bersama awak media di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Jawa Timur dipilih menjadi tuan rumah kongres internasional bernama Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) ke-28 yang membahas permukiman pada awal Oktober mendatang. Kongres itu akan digelar di Surabaya pada 5-7 Oktober 2022.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut salah satu yang dibahas dalam kongres itu adalah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

“Pak Bambang Susantono, Kepala Badan Otorita IKN telah menyampaikan kesediaannya untuk hadir dan memaparkan mengenai IKN di hadapan para pakar permukiman se-Asia dan Australasia,” ujar Emil saat ditemui di Kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Timur pada Kamis (22/9).

BACA JUGA : Ponpes Darussalam Gontor Berjanji Bantu Ungkap Kasus Santri Tewas

Sebagai informasi, EAROPH adalah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1956 dan menaungi pakar dan praktisi bidang perencanaan dan permukiman di wilayah Asia dan Australasia.

Emil menyatakan kongres tersebut akan menghadirkan berbagai pakar dan praktisi bidang perencanaan dan permukiman dari negara-negara Asia dan Australia. Tema yang diangkat adalah the Future of Human Settlements: Accelerating Recovery and Ushering into a New Era of Sustainable Urbanization Post Covid-19.

Beberapa pengembangan kawasan strategis di Indonesia juga akan ditampilkan dalam pembahasan. Contohnya program Green Infrastructure Initiative bekerjasama dengan Jerman, pengembangan IKN Nusantara, dan berbagai pembangunan kawasan dan infrastruktur strategis lainnya baik yang dikembangkan pemerintah maupun oleh badan usaha swasta.

“Kami sangat antusias telah memilih Jawa Timur sebagai lokasi penyelenggaraan EAROPH World Congress, dan kami optimis bahwa kongres akan berjalan dengan baik dan menampilkan program-program yang membawa hasil nyata dalam menjawab tantangan permukiman di masa mendatang dengan dihadirkannya para pakar, praktisi dan kepala daerah,” kata Presiden EAROPH Yolanda Reyes dari Filipina.