Wow! Selama Libur Lebaran, Uang Rp 72 Triliun Berputar di Daerah

10
Candi Borobudur

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Mudik lebaran 2022 terasa sangat spesial setelah dua tahun terhenti pandemi Covid-19. Mudik juga membuat perekonomian daerah tujuan mudik terdongkrak.

“Mudik jadi salah satu peluang usaha baik di perkotaan dan daerah. Ini membuat uang berputar di daerah 72 miliar di daerah,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat weekly press briefing di Gedung Sapta Pesona, Senin (9/5/2022).

BACA JUGA: Dua Wisatawan Terseret Ombak Pantai Konang, Satu Selamat Satu Hilang

Apalagi, mudik kali ini dibarengi dengan menurunnya kasus Covid-19. Cuti bersama pun relatif panjang. Makanya, masyarakat seolah-olah sedang ‘balas dendam’ mudik.

Mudik lebaran berimbas kepada destinasi wisata di daerah. Objek wisata di kampung halaman atau pun yang dilewati saat mudik menjadi jujugan para pemudik. Bahkan, objek wisata di Jakarta, seperti TMII, Ancol, dan Ragunan pun dibanjiri wisatawan.

“Bali juga kebanjiran wisatawan, ekonomi kreatif di sana berhasil memutar uang sampai Rp 250 miliar,” kata dia.

Mengutip detiktravel, Sandiaga menilai bahwa ini sudah sesuai target. Sekarang giliran mitigasi penularan Covid-19 setelah mudik.

BACA JUGA: KAI Wisata Buka Lowongan Kerja, Lulusan SMA/SMK Bisa Daftar, Ini Syaratnya

“Tahun lalu ada peningkatan jumlah kasus Covid-19. Mengantisipasi itu, Kemenparekraf sendiri akan menerapkan WFH 50 persen,” dia menambahkan.

Kepatuhan dari pemudik di tempat wisata ada di angka 84,6 persen. Sementara itu, jaga jarak ada di angka 45 persen.

“Ini perlu kita jaga,” kata dia.(eky)

+ posts