Susu Formula Bayi di AS Semakin Langka

8
Ilustrasi ASI

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Karena pengaruh dari penarikan kembali obat-obatan dan produsen produk nutrisi Abbott, kekurangan susu formula bayi di pasar terjadi, dan telah memicu serbuan pembelian pribadi.

Gedung Putih mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) bekerja keras untuk memperbaiki masalah tersebut, dan pemerintah juga akan meningkatkan impor asing untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Associated Press melaporkan bahwa Abbott telah menutup pabrik terbesarnya di Amerika Serikat sejak Februari setelah kontaminasi bakteri pada produknya.

BACA JUGA: Pengusaha Retail di AS Batasi Penjualan Susu Formula

Mereka kemudian menarik beberapa merek susu bubuk formula, yang memengaruhi pasokan apotek dan supermarket.

Untuk memberi makan anaknya, orang tua bahkan mulai mencari produk alternatif. Dokter anak dan ahli kesehatan mengatakan bahwa jika orang kekurangan susu bubuk di rumah.

Mereka harus menghubungi bank makanan atau dokter, dan tidak pernah mengurangi konsentrasi susu bubuk. atau percaya DIY di Internet. Untuk resep, ganti dengan minuman lain seperti susu kental dan jus buah.

BACA JUGA: Pengusaha Retail di AS Batasi Penjualan Susu Formula

Melansir dari Huanqiu Wang, perusahaan analisis data, Datasembly mengatakan bahwa setelah menganalisis data dari 11 ribu titik penjualan di seluruh negeri, hasil survey menunjukkan sekitar 40% toko ritel skala besar kehabisan susu fromula bubuk.  Rasio yang memburuk dari 31% pada pertengahan April.

Walgreens dan retailer lainnya sudah mulai menerapkan pembatasan pembelian, setiap pelanggan hanya boleh membeli susu bubuk maksimal 3 kaleng.

Stewart, ibu dari tiga anak di Missouri, mengatakan bahwa setelah putrinya yang berusia 10 bulan alergi terhadap perut dan tidak bisa minum merek Similac dari Abbott, dia telah mencoba empat merek lain di rumah.

BACA JUGA: Apakah Alergi Susu Sapi Bisa Disembuhkan?

Abrams, seorang ahli di University of Texas di Austin (UT Austin), mengakui bahwa beberapa bayi menderita alergi makanan atau masalah pencernaan dan hanya dapat menggunakan susu formula khusus, yang persediaannya sangat terbatas.

FDA telah mengatakan bahwa meskipun Abbott telah mengeluarkan perintah penarikan, itu akan bekerja sama dengan rumah sakit dan lembaga lain tergantung pada situasi untuk menyediakan susu formula khusus yang tidak terpengaruh kepada publik secara gratis.

Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Umum (CSPI) nirlaba mengatakan bahwa sampai FDA mengetahui tentang kebersihan pabrik, formula khusus lebih berisiko daripada membunuh bayi.

BACA JUGA: Ganti Makanan Utama Anak dengan Susu Berisiko Obesitas

Mengenai pertanyaan kapan pabrik Abbott akan beroperasi kembali, FDA mengatakan bahwa pihak lain masih memperbaiki proses produksi dan lingkungan pabrik, dan bekerja sama dengan produsen lain untuk meningkatkan produksi.

Namun, sebagian kalangan industri menilai pemerintah masih perlu menguji susu bubuk yang baru diluncurkan, sehingga sulit untuk meningkatkan pasokan pasar dalam jangka pendek.(nd1/lna)

+ posts