Sembuh dari Covid, Biden Keluar Gedung Putih Usai Terisolasi 3 Pekan

10
Presiden AS Joe Biden berbicara dari balkon salah satu ruangan di Gedung Putih, pada 1 Agustus 2022. (Foto: Pool via AP/Jim Watson)

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, selesai masa isolasi usai dinyatakan negatif Covid-19, Minggu (7/8). Ia pun dapat keluar dari Gedung Putih setelah terisolasi selama nyaris tiga pekan sejak 20 Juli lalu.

AFP melaporkan bahwa Biden dinyatakan dapat kembali beraktivitas setelah menjalani dua kali tes dalam dua hari berturut-turut. Hasil kedua tes itu negatif.

“[Biden] akan kembali melakukan acara publik dan perjalanan kepresidenan,” ujar dokter Biden, Kevin O’Connor.

BACA JUGA : Positif Covid-19 Lagi, Presiden AS Joe Biden Jalani Isoman

Biden pun langsung dijadwalkan mengunjungi lokasi banjir parah di Kentucky pada Senin (8/8). Ini bakal menjadi agenda luar ruangan pertama Biden setelah rampung isolasi.

Saat itu, Biden untuk pertama kalinya dinyatakan positif Covid-19. Ia sudah sempat dinyatakan negatif, tapi kemudian kembali positif pada pekan lalu.

Ia lantas kembali menjalani isolasi di Gedung Putih. Saat kembali menjalani tes pada Sabtu, Biden sebenarnya sudah dinyatakan negatif, tapi tim dokter tetap mengisolasi sang presiden sebagai upaya pencegahan.

BACA JUGA : Penembakan Masal di AS, Biden Sampaikan Permohonan Emosional ke Parlemen AS

Ketika Biden dinyatakan negatif untuk kedua kalinya pada Minggu, tim dokter baru mengumumkan masa isolasi selesai. Biden pun dapat kembali melakukan aktivitasnya di luar ruangan.

Selama isolasi, Biden mengikuti acara-acara publik secara virtual dari kediamannya di Gedung Putih. Selain itu, Biden juga dua kali menyampaikan pidato dari balkon.

Salah satu pidato itu merupakan saat ia mengumumkan serangan AS yang berhasil menewaskan pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri, di Afghanistan.

Selain itu, Biden juga berpidato singkat setelah menandatangani dua undang-undang untuk memberantas penyalahgunaan dana pemulihan Covid-19.(lal)

+ posts