Pengusaha Retail di AS Batasi Penjualan Susu Formula

8
Ilustrasi ASI (iStock)

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Pengusaha retail AS termasuk Target Corp (TGT.N) , CVS Health Corp (CVS.N) dan Walgreens Boots Alliance (WBA.O) mengatakan pada hari Selasa (10/5) bahwa mereka membatasi pembelian susu formula bayi karena kekurangan pasokan.

Batasan tersebut muncul setelah pemasok utama Abbott Laboratories (ABT.N) pada Februari menarik beberapa susu formula bayi termasuk Similac yang dibuat di pabriknya di Michigan atas keluhan infeksi bakteri pada bayi yang mengonsumsi produk tersebut.

VS mengatakan bulan lalu membatasi pembelian produk di dalam toko dan online menjadi tiga per pesanan. Sementara Walgreens mengeluarkan batasan serupa pada bulan Maret. 

BACA JUGA: Ganti Makanan Utama Anak dengan Susu Berisiko Obesitas

Kroger (KR.N) memiliki batasan empat produk per pelanggan dan Target memiliki batasan pada penjualan online selama berminggu-minggu.

Abbott mengatakan pada hari Selasa (10/5) bahwa pihaknya “melakukan segalanya” untuk mengatasi kekurangan tersebut. Termasuk memprioritaskan produksi produk dan pengiriman udara dari fasilitas yang disetujui regulator obat AS di Irlandia.

BACA JUGA: Apakah Alergi Susu Sapi Bisa Disembuhkan?

Perusahaan juga bekerja sama dengan Food and Drug Administration untuk memulai kembali operasi di fasilitas Michigan, kata seorang juru bicara. Tidak ada formula yang telah didistribusikan yang dinyatakan positif bakteri, menurut perusahaan.

Pembuat Similac adalah pemasok susu formula terkemuka di Amerika Serikat dengan pangsa pasar sekitar 42% pada tahun 2021. Lalu diikuti oleh perusahaan barang konsumen Inggris Reckitt Benckiser (RKT.L) dengan pangsa hampir 38%, menurut data Euromonitor.

FDA mengatakan sedang mengambil beberapa langkah termasuk bekerja dengan Abbott dan produsen lain untuk mengurangi masalah pasokan.

Badan tersebut mengatakan beberapa produsen susu formula memenuhi atau melampaui tingkat kapasitas untuk memenuhi permintaan saat ini dan bahwa lebih banyak susu formula bayi dibeli di bulan April daripada di bulan sebelum penarikan.

BACA JUGA: Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Susu?

“Kami melakukan segala daya kami untuk memastikan ada produk yang memadai tersedia di mana dan kapan mereka membutuhkannya,” kata Komisaris FDA Robert Califf dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

BACA JUGA: Pedagang Retail Kopi di Medan Beri Keringanan di Masa Pandemi

Sekitar 40% produk susu formula bayi kehabisan stok di seluruh Amerika Serikat bulan lalu, kata Ben Reich, kepala eksekutif perusahaan data Datasembly.

Hambatan rantai pasokan, penarikan produk dan inflasi historis telah memperparah kekurangan tersebut, tambahnya.(nd1/lna)

+ posts