PBB: Kemungkinan Dunia 1,5 Derajat Lebih Panas Mencapai 50%

2
Ilustrasi suhu panas

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Pada tanggal 10 Mei PBB melaporkan bahwa kemungkinan pemanasan global melebihi ambang 1,5 derajat Celcius dalam lima tahun adalah 50%.

Menurut Organisasi Cuaca Dunia PBB, ada kemungkinan 50% bahwa pemanasan global akan melebihi ambang batas 1,5 derajat dalam lima tahun ke depan.

BACA JUGA: Apa Itu Pemanasan Global? Ini Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Dalam kesepakatan iklim Paris, masyarakat internasional berjanji untuk membatasi pemanasan global hingga kurang dari 2 derajat dibandingkan dengan era pra-industri. Jika memungkinkan masyarakat diminta membatasi hingga 1,5% saja.

BACA JUGA: Pemanasan Global Ancam Salju di Pegunungan Alpen

Melansir dari cankaoxiaoxi, Masih ada peluang 20% ​​untuk sementara melebihi ambang batas antara 2017 dan 2021. Menurut Organisasi Meteorologi Dunia, dari tahun 2022 hingga 2026, jumlah itu telah mencapai 50%, yang berarti bahwa akses jangka pendek kemungkinan besar tidak akan terjadi.

BACA JUGA: Dunia Akan Lampaui Batas Pemanasan Global Tanpa Investasi Besar

Sekretaris Jenderal Organisasi Meteorologi Dunia Petteri Taalas menekankan bahwa perkiraan ini sangat dapat diandalkan. Dunia semakin dekat dengan batas yang disetujui di Paris. Dari 1,5 derajat Celcius, dampak iklim akan semakin berbahaya bagi manusia dan planet ini secara keseluruhan.

BACA JUGA: Apa Arti Pemanasan Global 1.5C dan 2C?

Selama manusia terus memompa gas rumah kaca ke atmosfer, maka permukaan laut akan terus naik dan kondisi cuaca ekstrem akan semakin parah.

BACA JUGA:Geram! Cita Citata Komplain Aturan Baru Pemerintah

Sementara itu, ahli meteorologi memprediksi hampir pasti bahwa setidaknya satu tahun antara 2022 dan 2026 akan menjadi rekor terpanas. Sejauh ini, 2016 memegang rekor itu.(nd3/lna)

+ posts