Menjelajah Perairan Kerala India yang Penuh Pesona

5
Photo © iStock.com/f9photos

BERITALOKA.COM – INDIA – Kerala adalah wilayah yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan. Berkunjung ke sini, tak lengkap jika tak mampir ke Great Backwaters, labirin sungai, kanal, dan danau sepanjang 900 km, yang melintasi banyak pulau.

Melansir Euronews., perairan di Kerala terbentuk dari gelombang dan arus pantai di muara 44 sungai yang mengalir ke Laut Arab dari Ghats Barat.

Di sini, pengunjung akan menemukan ekosistem unik flora, fauna, dan koeksistensi manusia. Sebuah simbiosis yang membentang sejak ribuan tahun yang lalu.

Masing-masing dari 34 danau di daerah terpencil ini adalah hotspot bagi para naturalis, ahli burung, dan pecinta burung.

Kepiting, katak dan lumba-lumba, unggas air seperti, kingfishers, tern dan burung kormoran, dan satwa liar seperti berang-berang dan kura-kura berlimpah.

Hutan bakau yang melapisi pantai timur Danau Vembanad, danau terbesar di India Selatan, adalah rumah bagi berbagai spesies burung endemik dan eksotis.

Danau Ashtamudi adalah danau terpanjang kedua di Kerala dan merupakan rumah bagi beberapa spesies laut yang terancam punah.

Waktu terbaik untuk mengetahui kehidupan spesies di sini adalah antara bulan November dan Februari.

Selain pesona alam, pengunjung jug disuguhkan warisan budaya negara. Menghidupkan kembali ritual tarian kuno seperti Theyam dan Kathakali yang berlangsung sepanjang malam.

Baca juga: Mesir Longgarkan Larangan Berfoto di Tempat Umum Bagi Turis

Kunjungi beberapa gereja kuno, kuil, dan masjid di dekat tepi sungai, dan juga di tengah kebun kelapa dan sawah.

Tepi sungai dihiasi dengan pasar terapung. Di sini, para pedagang pot tanah liat tradisional dan jaring kelapa berdesak-desakan bersama petani padi dan pedagang rempah-rempah.

Saluran air ini merupakan bagian integral dari interaksi sosial di Kerala. Di sini perahu adalah moda transportasi yang disukai. Anak-anak belajar berenang sebelum mereka belajar membaca.

Wilayah ini juga merupakan rumah bagi beberapa pembuat kapal terbaik di dunia. Prosesnya tidak banyak berubah selama berabad-abad. Para pengrajin masih membuat perahu mereka tanpa paku.

Baca juga: Survei YouGov: Orang Jerman Hindari Liburan ke Negara Ini Karena Persoalan Moral

Pengunjung juga bisa ikut serta dalam perlombaan perahu ular. Perlombaan ini telah menjadi tradisi di Kerala selama berabad-abad.
Perahu ular panjangnya lebih dari 10 kaki dengan ujung belakang mencuat lebih dari 10 kaki dari air, menyerupai kobra dengan tudungnya terangkat.

Vallam kali, atau perlombaan perahu, digunakan untuk menyelesaikan perselisihan antar raja. Balap perahu ini diadakan setiap tahun di daerah terpencil dari Juli hingga November. Dengan 90 hingga 110 pendayung, balap perahu ular adalah olahraga tim terbesar di dunia. Yang terbesar dari balapan ini berlangsung pada hari Sabtu kedua bulan Agustus di Danau Punnamada dekat Alappuzha.

Perjalanan ke Kerala juga tidak lengkap tanpa menjajal pijat Ayurveda. Perawatan ini berusia lebih dari 5000 tahun dan berlanjut di Kerala modern.

Di sepanjang daerah terpencil, Anda akan menemukan spa di tangan terapis bersertifikat, stres dan kekhawatiran Anda akan hilang.

Ada juga pilihan liburan di rumah perahu. Menawarkan cara mewah untuk mengalami hidup dalam harmoni yang sempurna dengan alam.

Perjalanan ke Great Backwaters Kerala adalah perjalanan kembali ke masa lalu. Bagian dari alam yang telah berubah sedikit selama berabad-abad.

Berkat komitmen Kerala untuk menerapkan sustainable tourism, ekosistem ini terus berkembang, memungkinkan wisatawan merasakan wisata alam yang terbaik. (jrm3/lna)

+ posts