Ini Alasan Mie Gacoan Tidak Bisa Disertifikasi Halal

3
Mie Gacoan

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Mie Gacoan dari Jogja kini punya banyak cabang. Hampir semua cabangnya selalu diantre pembeli. Tetapi Mie gacoan tidak bisa disertifikasi halal. Ini penjelasannya.

Mie Gacoan merupakan mie pedas kekinian. Mienya diberi bumbu banyak cabe lalu diberi topping daging ayam rebus yang dicincang halus. Brandnya sudah ada sejak tahun 2016, tapi gerai Mie Gacoan pertama kali dibuka pada tahun 2018 di Kota Solo.

Kemudian viral di tahun 2019, sehingga meluas hingga membuka gerai di beberapa daerah Indonesia. Mulai dari Surabaya, Malang, Jember, Yogyakarta hingga Jakarta.

BACA JUGA: Awas! 7 Bahan Pembuat Es Krim Ini Bisa Membuat Tidak Halal, Apa Saja?

Di media sosial viral setiap gerai Mie Gacoan selalu ramai diantre pembeli. Bahkan antreannya sampai mengular. Namun mencuat kabar bahwa Mie Gacoan tidak bisa disertifikasi halal.

Franchie Mie Gacoan (Dok: siapberbisnis.com)

Hal tersebut dibahas oleh pengguna TikTok @leli.azizah yang sering menjelaskan tentang kualitas, keamanan dan kehalalan suatu produk makanan dan minuman.

Dijelaskan bahwa Mie Gacoan tidak bisa disertifikasi halal karena tidak memenuhi salah satu sistem jaminan halal (SJH) yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI.

Hal tersebut adalah pada ketentuan nama merek dan produk. Dikutip dari Kriteria Sistem Jaminan Halal HAS 23000, persyaratan nama merek atau produk tidak boleh mengarah pada hal kebatilan.