Semarak 1 Suro, Warga Ponorogo Larung Sesaji ke Telaga Ngebel

25
Prosesi larung sesaji dalam rangkaian Grebeg Suro 2022 di Telaga Ngebel, Ponorogo. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

BERITALOKA.COM – PONOROGO – Semarak peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H/2022, atau disebut 1 Suro dalam penanggalan Jawa, ribuan warga Ponorogo menggelar acara larung sesaji di Telaga Ngebel.

Sebanyak 10 tumpeng diarak mengelilingi Telaga Ngebel, untuk kemudian satu tumpeng agung dilarung ke tengah telaga menggunakan rakit.

Sementara, 9 tumpeng hasil bumi yang terdiri atas sayur dan buah dipurak oleh warga untuk mendapatkan berkah. Dengan rincian, satu tumpeng hasil bumi dan 8 tumpeng perwakilan dari 8 desa di Kecamatan Ngebel.

BACA JUGA: Misteri Telaga Ngebel Ponorogo yang Bikin Geleng-Geleng

Warga pun tampak memadati sekitar dermaga Telaga Ngebel demi bisa melihat secara langsung prosesi sakral tersebut.

Sesampainya di lokasi pelarungan, tumpeng disambut dengan tarian gambyong. Penampilan Reog Ponorogo juga turut memeriahkan acara.

Sesepuh Telaga Ngebel, Hartono mengatakan, saat malam satu Suro, warga melarung kepala kambing kendit. Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

“Di tiap masjid juga ada pengajian, selamatan,” terang Hartono, melansir detikJatim, Sabtu (30/7/2022).

BACA JUGA: Ini Anjuran dan Pantangan Malam 1 Suro Menurut Kebiasaan Masyarakat Jawa

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menambahkan, gelaran ini merupakan serangkaian dari Grebeg Suro 2022. Sebagai generasi penerus yang diberi amanah masyarakat Ponorogo untuk menanggalkan ego dan gengsi.

“Ponorogo ke depan adalah milik kita bersama. Tugas kita hanya dua hal, kita meniru hal yang baik yang diwariskan leluhur kita, dan mewariskan hal yang baik ke cucu kita kelak, untuk bergandeng erat, bergerak cepat, Ponorogo hebat,” imbuh Giri.(lna)

+ posts