Piramida Terbesar Buatan Manusia di Bumi Ada di Meksiko Bukan Mesir

0
Piramida Terbesar Buatan Manusia Ternyata Bukan di Mesir. Foto: Diego Delso via Wikimedia Commons

BERITALOKA.COM – MEKSIKO – Piramida Agung Cholula, yang berusia sekitar 2000 tahun disebut sebagai piramida terbesar buatan manusia di bumi.

Kebanyakan orang langsung teringat Mesir jika membicarakan piramida. Ternyata, piramida terbesar buatan manusia bukan di Mesir, melainkan di Meksiko.

Di Meksiko terdapat Piramida Agung Cholula, juga dikenal sebagai Piramida Agung Tepanapa, sebuah struktur buatan manusia berusia 2.000 tahun yang sama sekali tidak diperhatikan oleh tentara Spanyol ketika mereka menginvasi pada tahun 1519.

Yang lebih mengesankan lagi, konon ini adalah piramida terbesar di Bumi. Bagaimana mereka bisa melewatkannya? Bangunan ini tersembunyi di dalam bukit.

BACA JUGA: Tawuran Maut Kelompok Athopink Vs Parung Destroyer di Bogor Bikin Geger

Pembantaian Cholula adalah salah satu tragedi paling terkenal dari peristiwa penaklukkan oleh Hernán Cortés yang menyerbu kota Cholula pada 12 Oktober 1519.

Tentara Cortés tiba di sana dan mengantisipasi pertempuran. Namun mereka bertemu dengan kota suci yang diyakini sebagai rumah bagi piramida suci ini. Struktur tersebut dibangun sebagai simbol perlindungan Tuhan atas kota itu.

Ketika nyawa 3.000 orang melayang (10% dari populasi kota), banyak piramida menjadi sasaran penjarahan. Setelah mengklaim banyak artefak keagamaan, orang Spanyol menetap di Cholula dan mulai mendirikan gereja mereka sendiri.

BACA JUGA: Seoarang Pendaki Gunung Lawu di Magetan Tewas

Salah satunya, Iglesia de Nuestra Señora de los Remediosa yang secara tidak sadar ditempatkan di atas Piramida Agung Cholula. Dengan tinggi 66 meter dan lebar 450 meter, Piramida Agung Cholula adalah piramida terbesar di dunia, dengan volume hampir dua kali lipat dari Piramida Agung Giza.