Culture

Jumat, 30 April 2021 - 11:32 WIB

6 hari yang lalu

logo

Ilustrasi (pinterest)

Ilustrasi (pinterest)

Kenali Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Terlewat

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Lailatul qadar atau malam kemuliaan adalah sebuah malam di bulan Ramadan yang memiliki nilai kebaikan lebih dari 1.000 bulan.

Karena waktu terjadinya dirahasiakan, umat Islam hanya bisa menerka-nerka kedatangan Lailatul Qadar dari tanda-tandanya.

BACA JUGA: Mengapa Waktu Lailatul Qadar Dirahasiakan? – Nusadaily.com

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh HR. Imam Muslim disebutkan “Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.”

Dikutip dari buku Sukses Berburu Lailatul Qadar karya Muhammad Adam Hussein (2015;23) dari Kumparan.com, umat muslim bisa melihat beberapa pertanda datangnya malam mulia Lailatur Qadar. Berikut tanda-tandanya:

BACA JUGA: Dua Keistimewaan Malam Lailatul Qadar – Beritaloka.com

1. Sinar matahari tidak terlalu terik di siang hari

Pertanda ini sesuai dengan yang diriwayatkan oleh HR. Imam Muslim, yakni “Pada hari itu matahari bersinar tidak terlalu panas dengan cuaca sangat sejuk.”

2. Langit terlihat bersih

Sesuai yang riwayat oleh HR. Imam Ahmad, ketika malam Lailatul Qadar langit terlihat bersih dan tidak berawan. Di malam tersebut Allah melimpahkan banyak keberkahan dan kesejahteraan melalui pintu langit yang dibuka lebar.

BACA JUGA: Sama-sama Terjadi di Bulan Ramadan, Ini Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar – Noktahmerah.com

3. Suasana malam tenang

Saat Lailatul Qadar, dirasakan bahwa suasana malam sangat tenang dan sunyi. Cuaca terasa cukup sejuk, suhu tidak terlalu dingin, serta tidak pula terasa panas.

4. Terjadi di malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadan

Seperti kita tahu, bahwa malam Lailatul Qadar terjadi di 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Khususnya terjadi di malam-malam ganjil. Tapi umumnya, penentuan malam ganjil ini sedikit sulit dengan adanya perbedaan waktu di berbagai daerah.

Jalan terbaik untuk mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qadar adalah dengan meningkatkan ibadah dan amalan baik di bulan Ramadan ini. Khususnya saja di malam-malam ganjil dengan memperhatikan tanda-tanda malam Lailatul Qadar di atas.(mic)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya