Culture

Jumat, 30 April 2021 - 10:07 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Ilustrasi Lailatul Qadar (NU Online)

Ilustrasi Lailatul Qadar (NU Online)

Dua Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Salah satu keistimewaan bulan Ramadan adalah didalamnya terdapat suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

BACA JUGA: Sama-sama Terjadi di Bulan Ramadan, Ini Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar – Nusadaily.com

Malam istimewa tersebut disebut Lailatul Qadar. Apabila seorang muslim mengerjakan kebaikan-kebaikan di malam itu, maka nilainya lebih baik dari mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 83 tahun sampai 84 tahun.

BACA JUGA: Mengapa Nuzulul Quran Diperingati setiap 17 Ramadan? – Beritaloka.com

Melansir dari NU Online, Syekh Muhammad Abduh dalam Hasbi Ash Shiddieqy memaknai kata “al-Qadar” dengan kata “takdir”. Ia berpendapat demikian, karena pada malam itu Allah SWT mentakdirkan agama-Nya dan menetapkan khittah untuk Nabi-Nya, dalam menyeru umat manusia ke jalan yang benar.

Dalam surat al-Qadar, diisyaratkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang mulia serta terdapat dua keistimewaan pada malam tersebut.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. al-Qadr, [97]: 1–5).

Keagungan serta keistimewaan Lailatul Qadar pada dasarnya terletak dalam dua kemuliaan, yaitu turunnya Al-Quran (nuzulul quran) itu sendiri dan turunnya para malaikat dalam jumlah yang besar, termasuk di dalamnya malaikat Jibril.

BACA JUGA: Perbedaan Pendapat Ulama Terkait Waktu Nuzulul Quran – Noktahmerah.com

Para malaikat turun di malam itu dengan cahaya yang cemerlang, dengan penuh kedamaian dan kesejahteraan. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikan ucapan selamat kepada orang yang melaksanakan puasa Ramadhan dan melaksanakan ibadah lainnya.

Kemuliaan turunnya al-Quran, merupakan hari yang agung dan bersejarah, turunnya kitab suci itu merupakan titik awal dimulainya suatu kehidupan “Dunia Baru” yang terlepas dari kesesatan dan kezaliman, menuju kebenaran yang hakiki.(mic)

Artikel ini telah dibaca 41 kali

Baca Lainnya