Malang 108 Pecah! Ribuan Masyarakat Antusias Padati Kayutangan Heritage

3
Wali Kota Malang, Sutiaji menyuarakan jargon dari identitas Arema atau Arek Malang dalam gelaran kegiatan bertajuk Malang 108 Rise And Shine Kayutangan Heritage di kawasan Kayutangan, Jalan Jenderal Basuki Rahmat pada Minggu (5/6/2022).(KOMPAS.com/ Nugraha Perdana)

BERITALOKA.COM – KOTA MALANG – Malang One Zero Eight “Rise and Shine” (Malang 108) yang dihelat atas kerja sama Komunitas Musik Malang Bersatu Indonesia (MMBI) dan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Minggu (5/6/2022) berlangsung meriah.

Ribuan masyarakat Kota Malang tampak begitu antusias hadir dalam event yang menjadi rangkaian perayaan HUT Kota Malang ke-108 ini.

Terbukti sejak dibuka pada pukul 12.30 WIB hingga malam hari, koridor Kayutangan Heritage dipenuhi lautan manusia.

BACA JUGA: Sosialisasikan Bahaya HIV/AIDS, Disporapar Kota Malang Gandeng Pemuda

Malang 108

Beragam karya dan talenta arek-arek Malang mulai dari pameran lukisan, komunitas musik, hingga orkestra ditampilkan di gelaran perdana pasca pandemi ini.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji yang hadir langsung memeriahkan Malang 108 mengatakan, event kolosal ini menjadi tonggak kebangkitan bersama setelah dua tahun lamanya terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Malang 108 Rise And Shine Kayutangan Heritage menjadi awal dari kita semua untuk bangkit,” kata Sutiaji.

Sutiaji mengaku takjub dan tidak menyangka melihat antusiasme masyarakat memeriahkan Malang 108.

BACA JUGA: Kominfo RI Apresiasi Perkembangan Startup Kota Malang

“Saya senang dan bahagia, jujur tidak menyangka sore yang sangat seru, terharu, Saya sampaikan, rutam nuwus hebak Ker! Salam Satu Jiwa!,” ujarnya.

Sutiaji turut membuka langsung Malang One Zero Eight dengan mengajak Arek Malang mengheningkan cipta serta menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. Bertepatan pula dalam suasana peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Salam satu jiwa bukan hanya di ucapan, tapi dalam perilaku. Boleh siapa pun berada di Kota Malang, Agama apapun, suku dan ras, tapi Pancasila menjadi dasar negara kita semua, oyi?,” kata Sutiaji membuka acara.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Malang, Dr. Ida Ayu Made Wahyuni, S.H., M.Si, mengaku bangga melihat sukses dan pecahnya gelaran ini.

Malang 108
Kepala Disporapar Kota Malang, Dr. Ida Ayu Made Wahyuni

“Terima kasih warga Kota Malang yang begitu antusias menyaksikkan perhelatan perdana kita di semester awal setelah pandemi,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

BACA JUGA: Disporapar Kota Malang: Pokdarwis Ujung Tombak Pariwisata

Pihaknya berharap, event serupa dapat dilaksanakan kembali tahun depan dan seterusnya.

“Kita harapkan kerja sama dengan MMBI di tahun depan, Malang 109, mudah-mudahan dapat kembali kita laksanakan bersama-sama. Melihat begitu antusiasnya warga dan ini sungguh luar biasa,” tandasnya.

Masyarakat yang hadir mengaku sangat menanti gelaran yang mampu menyatukan banyak orang, seperti Malang 108 ini.

“Kesini sama keluarga sekalian mampir mau pulang ke Pasuruan. Antusias sekali sih karena di Malang baru ini ada event besar setelah dua tahun kemarin pandemi. Ini juga sekalian janjian sama teman-teman kumpul-kumpul. Mumpung ada kesempatan,” ujar Bambang, warga Kepanjen yang sengaja datang untuk mampir.

Malang 108 yang berlangsung meriah hingga malam hari mengobati kerinduan masyarakat setelah cukup lama membatasi diri.

“Pecah banget, seneng. Sudah lama kangen acara rame-rame gini. Semoga tahun depan ada lagi,” kata Ila, warga setempat.

BACA JUGA: Happy Asmara Bagikan Foto Pinggir Kolam, Selebgram Malang Ikutan Komen

Malang 108 digelar sejak pukul 13.00 hingga pukul 22.00 WIB. Menampilkan parade Flash Mob, Fire Dance, Lighting Show, Fashion on the Street oleh Wali Kota Malang,  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Widayati Sutiaji dan jajaran OPD.

Malang 108

Serta berbagai hiburan khususnya di bidang pariwisata, kesenian, dan musik.

Puluhan UMKM juga hadir di sepanjang koridor Kayutangan Heritage menjajakan kuliner dan kerajinan tangan.

Turut hadir memeriahkan kegiatan ini, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Ketua TP PKK Kota Malang, Sekda Kota Malang, dan jajaran Forkopimda.(lna)

+ posts