Berita Khusus Regional

Jumat, 28 Mei 2021 - 16:44 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Kota Batu Raih Opini WTP Enam Kali Berturut-turut

BERITALOKA.COM – KOTA BATU – Pemkot Batu menerima opini wajar tanpa pengecualiaan (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jatim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020. Predikat ini diraih Pemkot Batu selama enam tahun berturut-turut.

WTP diraih Pemkot Batu karena mampu menyajikan laporan keuangan yang wajar, baik, akuntabel dan tepat waktu. Sehingga Kota Batu lagi-lagi mendapatkan opini WTP atas LKPD tahun 2020 yang diserahkan BPK RI Perwakilan Jatim. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersyukur atas perolehan WTP yang diraih Kota Batu selama enam kali berturut-turut. Raihan ini diperoleh berkat kerjasama dan sinergitas yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Batu bersama DPRD Kota Batu.

“Pemkot Batu bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada DPRD dan ASN yang bersinergi dan bekerja keras. Atas kerja sama yang baik antara Forkompimda dan masyarakat Kota Batu. Untuk keenam kalinya Kota Batu meraih WTP,” ungkap Dewanti dilansir Nusadaily.com.

Baginya, paling penting bagaimana semua OPD saling mendukung dan mampu menjalankan visi misi yang dicanangkan Pemkot Batu berdasarkan azas akuntabilitas yang disarankan BPK. “Laporan keuangan agar bisa disajikan secara baik dan benar serta digunakan sesuai prosedur. Semua itu sangat penting,” imbuh dia.

Dewanti menjelaskan bahwa Pemkot Batu sangat memahami pemeriksaan yang dilakukan oleh tim BPK berjalan secara profesional dan independen serta memberikan rekomendasi yang konstruktif. Laporan hasil pemeriksaan ini untuk memenuhi ketentuan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan Dan Tanggung Jawab Keuangan Negara. 

“Kami menginginkan prestasi seperti itu terus dijaga. Penggunaan anggaran dan laporan tahun 2021 juga harus baik sehingga dia juga menargetkan tahun depan kembali mempertahankan predikat opini WTP,” pungkasnya. (wok/adv/wan)

Artikel ini telah dibaca 44 kali

Baca Lainnya