Kado Spesial di Momen Hari Anak Nasional 2022, Kota Mojokerto Kembali Raih KLA

7
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam perayaan Hari Anak Nasional di RSUD Dr Wahidin Sudirohusodo. (Foto: M. Arul)

BERITALOKA.COM – MOJOKERTO – Pemerintah Kota Mojokerto menggelar rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di halaman Rumah Sakit Umum Daerah Dr Wahidin Sudiro Husodo, Sabtu, 23 Juli 2022. Jelang puncaknya pada 11 Agustus mendatang.

Penampilan belasan anak difabel dalam tarian, tarik suara, dan dunia dongeng semakin memeriahkan suasana.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, rangkaian hari Anak Nasional betfokus untuk memberikan perhatian lebih terhadap Anak Kebutuhan Khusus (ABK) terutama mereka yang pernah dipantau pertumbuhannya dan dirawat di RSUD Wahidin Sudiro Husodo.

BACA JUGA: Majapahitan hingga Punakawan Adu Kreasi dalam Festival Bakar Sate Kota Mojokerto

“Kita tadi bisa melihat dibalik kekurangan yang mereka miliki asal kita memiliki kesabaran dan telaten mereka mempunyai potensi-potensi yang luar biasa, di mana tadi mereka tampil menyanyi dan menari ini suatu kelebihan karena kita sabar mendampingi tumbuh kembang mereka,” ujarnya.

Ning Ita sapaan akrabnya mengatakan, dalam peringatan HAN kali ini, Kota Mojokerto mendapat kado istimewa berupa Award Kota Layak Anak (KLA) yang kelima kalinya. Penghargaan tersebut diumumkan saat rapat melalui Zoom Meeting, pada Jumat, 22 Juli kemarin.

“Tadi malam pukul 21.15 WIB melalui Zoom Pemerintah Kota Mojokerto mendapatkan penghargaan KLA kategori Madya, ini adalah komitmen bahwa Kota Mojokerto stakeholder dan masyarakat telah berikhtiar menjamin perlindungan terhadap anak dan fasilitas hak-hak anak,” bebernya.

BACA JUGA: Ning Ita Tekankan Skala Prioritas dalam Program Bedah Rumah DPUPRPRKP Kota…

Ning Ita menambahkan, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan fasilitas publik ramah anak seperti Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA). Apalagi, keberadaan RBRA ini menjadi salah satu indikator bagian penting dari KLA di Kota Mojokerto.

Nantinya, ruang bermain ramah anak misalnya di Alun-alun yang kini masih dirombak total dan akan ada empat taman lainnya yang menjadi kawasan RBRA.

“Saat itu masih rintisan belum RBRA maka sekarang Alun-alun sedang kita rombak total kedepan tidak hanya alun-alun kita akan mewujudkan empat taman publik lainnya untuk bisa menjadi kawasan RBRA,” ucap Ning Ita.

Pemimpin perempuan pertama di Kota Mojokerto ini dalam menjalankan roda pemerintahan juga selalu memprioritaskan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di Kota Mojokerto.

Ini terbukti setiap Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) dimana anak-anak melalui forum anak mereka selalu dihadirkan.

BACA JUGA: HUT ke-104 Kota Mojokerto, Ning Ita: Optimis Masyarakat Bangkit, Pesat dan Hebat

“Aspirasi mereka tersampaikan melalui Musrenbang tersebut dan diakomodir makanya ABPD kita sudah perspektif gender, jadi hak-hak mereka (Anak-anak) sudah terpenuhi melalui ABPD Kota Mojokerto,” ujarnya.

Ning Ita berharap dalam peringatan hari Anak Nasional ini anak-anak di Kota Mojokerto dapat terus bersemangat dalam rangka mewujudkan cita-cita.

“Bahwa sebuah cita-cita itu akan bisa terwujud apabila kita berproses berikhtiar untuk mewujudkannya tidak bisa instan, jadi ayo kejar cita-cita kalian untuk menjadi anak-anak Kota Mojokerto yang hebat berkualitas,” pungkasnya.(din/lna)

+ posts