Sport

Senin, 6 April 2020 - 14:16 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Stadion nasional Prince Louis Rwagasore Stadium di Burundi.
foto soccerway

Stadion nasional Prince Louis Rwagasore Stadium di Burundi. foto soccerway

Corona Melanda, Sepak Bola Jalan Terus

BERITALOKA.COM-AFRIKA-Tidak semua pertandingan sepak bola di dunia ini berhenti karena wabah virus corona. Di antara yang masih jalan terus itu adalah Liga sepak bola di Burundi Afrika Timur , di Tajikistan, Belarus, dan Nikaragua. Sepak bola di empat negara itu jalan terus.

Liga sepak bola di Burundi Afrika Timur memulai kembali kompetisi liga sepak bolanya sekalipun ada ancaman pandemi virus corona. Demikian federasi sepak bola negara itu membuat keputusan soal ini Minggu 5 April 2020. Keputusan itu diambil setelah menggelar pertemuan dengan klub-klub.

Negara di Afrika timur itu adalah satu dari empat negara yang liga sepak bola formalnya berlanjut lanjut. Meski seluruh dunia menghentikan kompetisi olah raga di tengah ancaman krisis kesehatan akibat pandemi virus corona.

“Setelah berkonsultasi dengan Menteri Kesehatan Masyarakat Thaddeus Ndikumana, majelis umum memutuskan kejuaraan divisi pertama dan kedua dilanjutkan sambil memperhatikan langkah-langkah kesehatan yang selayaknya,” kata federasi itu seperti dilansir dari nusadaily.com.

Ada tiga kasus terkonfirmasi infeksi COVID-19 di Burundi. Musim kompetisi di Burundi, cuma menyisakan tiga pertandingan lagi.

Untuk diketahui, Burundi adalah negara yang tim nasionalnya tahun lalu untuk pertama kalinya berkompetisi pada putaran final Piala Afrika.

Sementara di Tajikistan juga jalan terus. Pemain Ehson Boboev mencetak gol penentu kemenangan pada menit-menit terakhir dan membawa Khatlon menang 2-1 atas Istaravshan, Minggu 5 April 2020.

Pertandingan itu dimainkan tanpa penonton menyusul peringatan Organisasi Kesehatan Dunia. WHO sebelumnya memeringatkan bahwa rakyat Tajikistan semestinya menghindari kerumunan sekalipun negara eks pecahan Uni Soviet belum mengonfirmasikan satu pun kasus virus corona.

Khatlon, yang sudah menjuarai liga tiga kali sejak Tajikistan menjadi negara merdeka pada 1991, tertinggal lebih dulu untuk memastikan kemenangan pertamanya dalam musim yang baru.

Lokomotiv-Pamir ditahan seri 2-2 oleh Fayzkand di mana semua gol pada babak kedua ketika Kuktosh bermain seri 0-0 melawan Reagar-TadAz dalam dua pertandingan lainnya Minggu, yang juga dimainkan tanpa penonton.

Juara bertahan Istiklol tertinggal lebih dulu ketika mengalahkan Khujand 2-1 dan memenangkan Piala Super Tajik kesembilannya dalam laga pembuka musim Sabtu, demikian dilaporkan Reuters.(yos/cak)

Artikel ini telah dibaca 96 kali

Baca Lainnya