Culture

Senin, 16 Desember 2019 - 13:00 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Masyarakat Papua terbukti sangat menghargai perbedaan suku ras dan agama (Sara). Ini patut menjadi pelajaran bagi warga provinsi lain di Indonesia.

Masyarakat Papua terbukti sangat menghargai perbedaan suku ras dan agama (Sara). Ini patut menjadi pelajaran bagi warga provinsi lain di Indonesia.

Papua Tuan Rumah PON 2020, Masyaratnya Paling Toleran se-Indonesia

NUSADAILY.COM – Provinsi Papua yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dinyatakan sebagai provinsi di Indonesia yang paling toleran. Masyarakat Papua terbukti sangat menghargai perbedaan suku ras dan agama (Sara). Ini patut menjadi pelajaran bagi warga provinsi lain di Indonesia.

Sebagaimana rilis Kementerian Agama ( Kemenag) terkait indeks kerukunan umat beragama tahun 2019, Rabu (11/12/2019). Disebutkan indeks kerukunan umat beragama (KUB) di Indonesia tahun 2019 berada pada angka 73,83. Dari data indeks KUB itu diketahui pula bahwa provinsi dengan indeks toleransi tertinggi adalah Papua Barat yang mencapai angka 80, masuk kategori sangat tinggi. Sedangkan Provinsi Aceh memperoleh nilai terendah dengan nilai 60.

Menurut Ketua Tim Survei dari Badan Litbang Diklat Kemenag Adlin Sila terdapat beberapa kategori nilai yang diterapkan dalam survey. Yaitu kategori sangat tinggi (di atas 80), tinggi (antara 60-80), sedang (di bawah 60-40), dan rendah (40 ke bawah).

“Jadi, tak ada temuan indeks yang menyatakan ada daerah yang tidak rukun atau tidak toleran. Semua daerah rukun dan toleran,” kata dia.

Namun demikian, Adli berharap agar pemerintah daerah bersama instansi terkait terus meningkatkan kerukunan dengan kegiatan dialog-dialog lintas agama. Kegiatan tersebut juga sampai di tingkat bawah. “Jangan hanya di kalangan elit agama,” kata Adlin.

Menurut dia, indeks meningkat dibanding 2018 terkait angka KUB 2019 sebesar 73,83. Angka tersebut lanjut dia mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2018. “Angka 73,83 ini meningkat dibanding hasil indeks yang diperoleh pada tahun 2018 yaitu 70,90,” ungkapnya.(aka)

Artikel ini telah dibaca 94 kali

Baca Lainnya