Culture

Senin, 16 Desember 2019 - 12:40 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Oalah…Ini Ternyata Bahan untuk Membuat Koteka Orang Papua

NUSADAILY.COM – WAMENA – Kalau ngomong soal koteka sudah banyak kan yang tahu. Itu lho penutup alat vital laki-laki di Papua. Koteka ini bentuknya panjang dan tengahnya berlubang, pas untuk menutup alat kelamin laki-laki. Namun, tahukah dari apa koteka itu dibuat? Ternyata, koteka itu dibuat dari buah labu.

Di Wamena, masih terdapat banyak pria yang mengenakan koteka. Di sana juga bisa membeli suvenir berupa pembungkus alat kelamin pria tersebut. Di Papua suku yang masih menggunakan koteka adalah Suku Dani, suku terbesar di Papua yang menempati wilayah pegunungan.

Masyarakat umum mengenal penutup alat kelamin laki-laki tersebut dengan nama koteka, tetapi di masyarakat suku Dani benda ini disebut dengan Holim. Koteka dibuat dari buah labu yang biasanya tumbuh merambat di atas Honai atau rumah adat dari Suku Dani.

Lalu tahukan kalian cara membuat koteka. Ternyata tidak sulit dan terbilang cukup simpel. Pertama buah buah labu diambil dan dipotong salah satu ujungnya. Setelah itu daging labu dikeruk hingga semua isinya keluar dan menyisakan lubang. Supaya memudahkan masuknya alat kelamin pria ke dalam koteka.

Setelah dikeruk, koteka tadi akan dipanaskan di atas bara api hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Barulah setelah labu berubah warna dilanjutkan dengan proses penjemuran yang akan memakan waktu hingga seharian. Jika semua proses telah dilalui, maka tahap akhir adalah memasang tali pada labu dan memakainya. Simpel kan? Mau coba? (aka)

Artikel ini telah dibaca 77 kali

Baca Lainnya