Culture

Minggu, 15 Desember 2019 - 15:00 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Suku Amungme-(coretanzone.id)

Suku Amungme-(coretanzone.id)

Nenek Moyang Suku Amungme Papua Sudah Tahu Gunung Freeport Istimewa Sejak Dulu

NUSADAILY.COM-MALANG– Jauh sebelum PT Freeport melakukan penambangan emas di Gunung Nemang Kawi nenek moyang suku Amungme yang mendiami pegunungan itu sudah mengetahui jika gunung tersebut memang istimewa. Karena saking istimewanya mereka menyebutnya dengan gunung suci Nemang Kawi.

Nemang artinya panah dan kawi artinya suci, jadi Nemang Kawi adalah panah yang suci atau dengan makna bebas perang atau perdamaian. Kemungkinan di wilayah tersebut juga sering terjadi peperangan dan untuk perdamaian.

Wilayah Suku Amungme disebut Amungsa. Apakah suku Amungme  juga sudah tahu jika di wilayah tersebut menyimpan emas? Ada kemungkinan penduduk di sana juga mengetahuinya. Tetapi belum tahu cara mengambilnya. Yang jelas mereka sangat mengagungkan gunung tersebut.

Mengutip www.romadecade.org, selama ini Suku Amungme sangat terikat dengan tanah leluhur mereka. Mereka menganggap sekitar gunung adalah tempat yang suci. Gunung yang dijadikan penambangan emas oleh PT.Freeport merupakan gunung suci yang sangat diagung-agungkan.

Suku Amungme memiliki populasi belasan ribu orang dan tinggal di dataran tinggi Papua. Mereka memiliki cara yang sangat unik yaitu menjalankan pertanian yang berpindah serta melakukan kegiatan dengan berburu dan mengumpul.(aka)

Artikel ini telah dibaca 154 kali

Baca Lainnya