Food

Rabu, 4 Desember 2019 - 20:57 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Cap: Sajian Nasi Kentut (Foto: Istimewa)

Cap: Sajian Nasi Kentut (Foto: Istimewa)

Mencicipi Nasi Kentut, Kuliner Fenomenal Khas Kota Medan

NUSADAILY.COM-MEDAN-Pencinta kuliner, mari singgah ke Kota Medan, Sumatera Utara, untuk mencicipi makanan dengan nama unik, Nasi Kentut.

Mendengar namanya saja, anda pasti langsung penasaran dan bertanya-tanya tentang alasan penamaan makanan yang terbilang tidak biasa tersebut. Tenang saja, makanan ini tentu tidak beraroma gas perut seperti yang anda banyangkan.

Sajian kuliner ini sekilas mirip Nasi Campur yang biasa ditemui di banyak warung makan. Dinamakan Nasi Kentut, karena pengolahan nasi dicampur dengan daun kentut (paederia foetida) atau juga dikenal sebagai daun sembukan.

Daun kentut ini tumbuh subur di Sumatera Utara. Tumbuhan merambat ini dipercaya memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung, hingga mengobati sariawan, sakit tenggorokan, dan bibir pecah-pecah.

Nasi yang dimasak dengan berbagai rempah dan daun kentut, kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Seporsi Nasi Kentut biasa ditemani lauk pauk mulai dari ayam goreng, pepes ikan, ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, tempe dan tahu goreng, hingga macam-macam sambal khas Sumatera.

Saat disajikan, Nasi Kentut memiliki aroma khas rempah-rempah. Rasanya gurih dan legit bila disantap dalam keadaan hangat. Cita rasa yang menggugah selera ini membuat Nasi Kentut menjadi salah satu makanan populer di Kota Medan.

Nasi Kentut banyak dijual di berbagai warung makan Kota Medan. Anda tidak perlu khawatir dengan harganya. Hanya dengan membayar Rp10.000 hingga Rp15.000, anda sudah bisa menikmati kelezatan Nasi Kentut ini. Selain mengenyangkan, pastinya juga menyehatkan.(gpi/lna)

Artikel ini telah dibaca 151 kali

Baca Lainnya