Food

Rabu, 18 Desember 2019 - 07:30 WIB

10 bulan yang lalu

logo

Satu porsi kapurung udang (Foto: batopar for nusadaily.com)

Satu porsi kapurung udang (Foto: batopar for nusadaily.com)

Kapurung, Makanan Segar dan Pedas untuk Segala Suasana

NUSADAILY.COM-MAKASSAR – Masakan lain berbahan sagu yang cocok untuk diet nasi adalah Kapurung. Makanan Kapurung ini adalah makanan tradisional masyarakat Sulawesi Selatan.

Masakan berkuah ini cocok disajikan hangat. Bisa untuk menangkal hawa dingin atau mencari yang berkuah di menu makan siang. Rasanya segar, sedikit asam dan pedas.

Sensasi pedas muncul karena ada campuran merica dan cabai. Sedangkan rasa asam berasal buah patikala (kecombrang) dan perasan lemon atau jeruk nipis yang dibubuhkan ketika hendak disantap.

Kapurung mashur di kalangan masyarakat daerah Luwu. Mulai Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Di daerah Luwu, nama Kapurung sering juga disebut Pugalu atau Bugalu. Sedangkan di kendari Sulawesi Tenggara, Kapurung memiliki nama lain yakni Sinonggi.

Nyaris mirip dengan Papeda di Papua, makanan Kapurung terbuat dari sari sagu atau tepung sagu. Kapurung juga dimakan dengan campuran ikan, daging dan aneka sayuran.

Bedanya, sagu di Kapurung dibentuk bulat-bulat seperti bakso. Lalu kuahnya lebih nendang di lidah dibanding kuah ikan kuning Papeda. Ada campuran bumbu kacang di kuahnya. Ikan dan sayur dalam menu Kapurung juga lebih beragam.

Baca juga: Papeda dan Kuah Ikan Kuning, Menu Alternatif yang Ingin Diet Nasi

Di Makassar, banyak warung makan dan restoran yang menyediakan Kapurung. Variasi menunya antara lain Kapurung Ikan, Kapurung Udang, Kapurung Ayam, dan Kapurung Campur.

Bila belum sempat mampir di rumah makan Kapurung di Makassar, tak ada salahnya mencoba memasak kapurung sendiri di rumah. Oya, untuk membentuk bubur sagu liat menjadi seperti bola atau bulat-bulat, orang Makassar biasa menggunakan pedui’, semacam alat terbuat dari kayu yang bentuknya mirip sumpit. Berikut ini bahan dan cara membuat Kapurung.

Bahan Kapurung Ikan Teri Udang
  1. Tepung sagu yang bisa diperoleh di supermarket
  2. Aneka sayuran: kangkung, jagung manis muda yang diserut, bunga pisang diiris halus. Lalu terong ungu yang dikupas dan dipotong dadu, bayam,kacang panjang, dan daun pakis
  3. Ikan teri segar (teri mirong dlm bahasa Tegal) dapat juga diganti dengan ikan laut segar
  4. Udang
Bumbu-bumbu
  1. Kacang tanah goreng, kira-kira empat sendok makan
  2. Garam secukupnya
  3. Bawang putih secukupnya
  4. Penyedap rasa secukupnya
  5. Cabai merah besar dipotong miring
  6. Asam patikalla (buah kecombrang yang digeprek). Bisa diganti air asam jawa ditambah potongan tangkai bunga kecombrang yang masih lunak
  7. Merica bubuk secukupnya
  8. Tomat
  9. Cabe rawit merah
  10. Gula putih secukupnya
  11. Jeruk limau

    Semua bumbu ditumbuk hingga halus. Sedang jeruk limau hanya dipotong menjadi dua dan airnya nanti diperas untuk sajian.
Cara Membuat Kapurung
  1. Rebus semua sayuran hingga lunak, tiriskan
  2. Buat kaldu ikan dengan cara rebus ikan teri atau ikan peda sampai lunak. Tambahkan garam secukupnya. Keluarkan ikan dari air rebusan (kaldu)
  3. Pisahkan duri ikan dari dagingnya. Lalu daging ikan disuwir-suwir kasar dan dicampur kembali dengan kaldu. Masukkan juga udang yang telah dibuang kepalanya.
  4. Tumbuk kacang goreng, bawang putih, garam sampai halus. Campurkan bumbu kacang ke dalam kaldu berisi ikan tanpa duri dan udang.
  5. Masukkan cabe merah besar yang diiris menyerong. Tambahkan penyedap rasa sesuai selera. Rebus hingga mendidih
Cara Membuat Bola-bola Sagu Kapurung
  1. Siapkan satu gelas tepung sagu, larutkan dalam dua gelas air
  2. Didihkan dua gelas air dalam wadah
  3. Masukkan adonan sagu perlahan-lahan sambil diaduk terus hingga mengental. Angkat
  4. Siapkan air matang dingin dalam baskom
  5. Selagi masih panas, ambil satu sendok makan sagu yang mengental, bentuk bulatan dengan bantuan sendok dan jatuhkan dalam air dingin. Lakukan hingga seluruh adonan habis. Tiriskan bola-bola sagu
Penyajian

Ambil beberapa bola sagu, masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan sayuran di atasnya. Lalu siram dengan kuah lauk ikan hingga terendam. Jangan lupa kucuri dengan air perasan jeruk di atasnya. Kapurung siap disantap. (yos)

Artikel ini telah dibaca 373 kali

Baca Lainnya