Food Headline

Jumat, 13 Desember 2019 - 13:19 WIB

7 bulan yang lalu

logo

food variety illustration (consumerreports.org)

food variety illustration (consumerreports.org)

Ini 10 Makanan yang Bakal Populer di 2020

NUSADAILY.COM-MALANG-Para pecinta kuliner, sudah siap berburu menu baru di tahun 2020? Mulai dari Pancake, olahan daging ayam, hingga makanan berbahan dasar nabati diprediksi bakal menjadi tren makanan tahun 2020 mendatang.

Beberapa forum peninjau makanan dunia, juga sudah merilis daftar tren makanan berdasarkan menu favorit konsumen yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Tahun lalu, kami melihat makanan sehat banyak menjadi pusat perhatian. Tahun ini, Yelpers mencari hidangan yang bersemangat dan penuh warna untuk diletakkan di piring mereka,” ungkap Tara Lewis, pakar tren kuliner dari forum peninjau makanan, Yelp, di Amerika.

Penasaran menu apa saja yang bakal menduduki tren teratas? Yuk kita simak.

Pancake

Pancake Souffle (NYT Cooking)

Makanan satu ini bisa dibilang sudah sangat mendunia. Tiap negara bahkan punya ciri khas sediri dalam menyajikan hidangan berbahan dasar tepung terigu ini. Di Indonesia sendiri, Pancake atau Panekuk, biasa disajikan dengan topping sirup, buah, es krim, madu, atau cokelat.

Nah di tahun 2020, Pancake diprediksi masih bakal ikut dalam deretan tren makanan favorit dunia. Salah satu sajian Pancake yang akan merajai puncak tren adalah Pancake Souffle dari Jepang. Pancake ini juga dikenal dengan Pancake Gulung Kayu Manis. Forbes menyebut, dalam setahun terakhir ulasan tentang hidangan Pancake Souffle meningkat sebanyak 156,2%.

Nashville Hot Chicken

Nashville Hot Chicken (foodnetwork.com)

Ayam goreng pedas atau Ayam Pedas Nashville pertama kali populer di Nashville, Tennessee. Salah satu restoran cepat saji, KFC juga berkontribusi dalam pengenalan sajian ini. Ayam goreng dengan saus pedas berbagai varian rasa bahkan sudah diadopsi banyak tempat makan di dunia, termasuk di Indonesia.

Konsumen ayam goreng pedas juga diperkirakan masih akan terus meningkat hingga tahun 2020 nanti. Apakah anda salah satu pecinta ayam goreng pedas?

Ube

Ube Ice Cream (Unsplash/Sharon McCutcheon)

Ube adalah ubi ungu yang berasal dari Filipina. Warna pekatnya membuat bahan makanan ini terlihat menarik secara visual. Ube biasa diolah menjadi makanan hidangan pencuci mulut seperti donat, wafel, pai, hingga es krim.

Ube Desserts dengan berbagai jenis olahan mulai muncul sejak tahun 2019, dan sepertinya dunia telah melirik Ube untuk dikembangkan lagi di tahun 2020.

Masakan Korea

Korean Foods (Bon Apetit)

Anda para pecinta serial drama Korea, pastinya sudah hafal dengan varian masakan Korea yang sering muncul di sela film. Sajiannya yang unik dan kaya bumbu, terlihat menarik dan menggugah selera.

Yelp mengungkapkan, popularitas sajian kuliner Korea seperti kue beras hingga BBQ ala Korea semakin meningkat sejak awal tahun 2019. Oleh karenanya, tahun depan Masakan Korea diprediksi masih akan eksis di lidah para pecinta kuliner dunia.

Masakan dengan Kembang Kol

Cauliflower Pizza Crust (healthymummy)

Menu sehat yang menggunakan sayuran sebagai bahan pengganti daging, banyak dicari konsumen sejak beberapa tahun belakang. Salah satu sayur yang sering digunakan sebagai pengganti adalah Kembang Kol.

Menurut Yelp, banyak restoran mulai memodifikasi sajian pizza dengan topping Kembang Kol. Sajian ini ternyata mampu menarik banyak peminat. Di 2020 nanti, masakan dengan Kembang Kol diperkirakan akan semakin berkembang. Tertarik? Mungkin anda di rumah juga bisa mencoba kreasi sajian masakan Kembang Kol.

Pineapple Bun

Pineapple Bun with Butter inside (wikimedia.org)

Anda sudah pernah mencoba roti manis yang terkenal di Hong Kong ini? Roti ini banyak dijual di Chinatowns di seluruh dunia.

Meskipun namanya mengandung nanas, namun roti ini tidak dibuat dari nanas, ataupun memiliki isian nanas. Penamaan ini mengacu pada tampilan atas roti yang menyerupai serat kulit nanas.

Bagian atas renyah dan manis, sedangkan bagian bawah roti lebih lembut. Sangat cocok dihidangkan saat acara minum teh. Jika belum pernah mencobanya, 2020 nanti anda punya banyak peluang karena persebarannya akan semakin meningkat di seluruh dunia.

Kombucha

Kombucha (ediblealchemy.org)

Kombucha adalah teh fermentasi yang kepopulerannya semakin mendunia. Banyak Bar di dunia yang sudah mulai menyajikan minuman ini di sepanjang tahun 2019. Kombucha mengandung sedikit alkohol, berbuih ringan, dan rasanya cukup manis.

Ulasan tentang Kombucha bahkan naik sebanyak 377%. Tahun 2020, minuman ini diperkirakan akan semakin banyak dicari.

Sandwich Nabati

Mushroom French Dip Sandwiches (cooking light)

Baru-baru ini, Dunkin ‘Donuts dan Burger King meluncurkan menu baru berbahan dasar nabati, yaitu sandwich sosis nabati dan burger nabati. Kreasi menu ini menandakan makanan nabati akan semakin berkembang di tahun 2020 nanti. Bahkan meskipun bukan vegetarian, menu ini juga layak dikonsumsi secara luas.

Buah Aronia Berry

Aronia Berries (Unsplash/William Felker)

Perusahaan pengamat tren di London, WGSN, mengatakan Aronia Berry atau Chokeberry akan ikut dalam tren makanan 2020. Buah ini sekilas terlihat mirip Blueberry.

Aronia Berry terkenal sebagai berry yang menyehatkan dan mengandung antioksidan. Buah ini banyak digunakan dalam suplemen kesehatan serta sebagai campuran Smoothie.

Alternatif Susu

Milk Nuts (outside magazine)

Anda yang memiliki alergi terhadap susu sapi, kini tidak perlu khawatir. Tren sajian susu alternatif sudah banyak bermunculan. Selain susu kedelai dan susu almond, di 2020 nanti akan banyak muncul kreasi susu kelapa, beras, rami, hingga oat. (lna)

Artikel ini telah dibaca 67 kali

Baca Lainnya