Business

Kamis, 12 Desember 2019 - 12:43 WIB

7 bulan yang lalu

logo

ilustrasi (CNBC Indonesia)

ilustrasi (CNBC Indonesia)

Gelontorkan Rp 397 Miliar, BCA Akuisisi Rabobank

NUSADAILY.COM – JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mulai menjalankan rencana pengembangan usaha eksisting anak usahanya. Hal ini terlihat dengan pengumuman rencana akuisisi PT Bank Rabobank Indonesia.

Dikutip dari situs keterbukaan bursa (IDX), Kamis (12/12), BCA bersama anak perusahaannya yakni BCA Finance yang bertindak sebagai pembeli menandatangani kontrak pembelian dengan pemilik saham Rabobank Indonesia atau bertindak sebagai para penjual. Para penjual tersebut adalah Cooperatieve Rabobank UA, PT Aditirta Suryasentosa, PT Antarindo Optima, PT Antariksabuana Citanagara, dan PT Mitra Usaha Kencana Sejati.

“Perseroan akan mengkaji kemungkinan penggabungan/merger antara bank yang akan diambil alih tersebut dengan entitas anak BCA yang lain,” sebut BCA dalam keterangannya seperti dikutip dari Kumparan.

Dalam kontrak tersebut, BCA dan anak usahanya akan membeli seluruh saham Rabobank Indonesia atau setara 3.719.070 lembar saham yang dikuasai oleh para penjual. Total nilai transaksi mencapai Rp 397 miliar.

“Nilai perkiraan rencana transaksi adalah Rp 397 miliar. Nilai tersebut akan dilakukan penyesuaian dengan memperhitungkan pendapatan atau kerugian Rabobank Indonesia pada saat tanggal penyelesaian Rencana Transaksi (transaction closing),” sebutnya.

BCA menjelaskan, penyelesaian rencana transaksi akan tunduk pada persyaratan pendahuluan sebagaimana disepakati oleh para pihak dalam perjanjian, termasuk diperolehnya persetujuan-persetujuan yang relevan, antara lain, persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas pengambilalihan saham Rabobank Indonesia oleh Perseroan.

Rencana akusisi Rabobank Indonesia juga telah sesuai dengan program arsitektur perbankan Indonesia. Selain itu, akusisi juga mendukung pengembangan usaha eksisting anak usaha BCA.

Rabobank Indonesia adalah anak perusahaan Rabobank Group yang berpusat di Utrecht, Belanda. Fokus bisnis Rabobank Indonesia ialah di pembiayaan sektor pangan dan agribisnis. Di Indonesia, Rabobank tercatat sudah 29 tahun beroperasi. Namun, sejak akhir April 2019 lalu, Rabobank telah menghentikan layanan operasionalnya di Indonesia. (top)

Artikel ini telah dibaca 75 kali

Baca Lainnya