Culture

Rabu, 30 Oktober 2019 - 22:24 WIB

9 bulan yang lalu

logo

Diwali, Festival Paling Ditunggu Rakyat India

NUSADAILY.COM-Di India ada sebuah festival yang mendunia, namanya Deepavali atau Diwali. Dikutip dari wikipidia, dalam agama Hindu berarti Festival Cahaya. Festival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk, dan lampu dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia. Perayaan ini terfokus pada lampu dan cahaya, terutama pada lampu tradisional yang bernama diya. Namun di sejumlah Negara bagian kembang api juga turut dipergunakan dalam festival ini.

Deepavali dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalender Hindu bulan “Ashwayuja” yang di tahun 2019 ini jatuh di tanggal 27 Oktober.Ini merupakan salah satu festival terpopular dan paling ditunggu-tunggu di India. Umat Hindu, Jain, dan Sikh sama-sama menganggap festival ini sebagai perayaan hidup dan menggunakan perayaan ini untuk memperkuat tali persaudaraan antara keluarga dan teman.

Bagi umat Jain, ini juga adalah salah satu festival terpenting, dan menandai dimulainya tahun Jain. Perayaan ini juga termasuk festival penting bagi umat Sikh.

Tanggal perayaan Diwali ditetapkan berdasarkan kalender Hindu, yang tergolong kalender lunisolar. Menurut kalender Gregorius, biasanya perayaan ini jatuh pada bulan Oktober atau November.

Festival ini menandakan kemenangan baik atas buruk. Kata dalam bahasa Sanskerta Deepavali yang berarti barisan cahaya yang menandakan kemenangan terang atas kegelapan.

Pada hari Deepavali, banyak yang mengenakan pakaian baru, berbagi permen dan menyalakan kembang api. Pada bagian utara India, orang-orang biasanya mengawali periode finansial yang baru pada hari Deepavali dan akun baru dibuka pada hari yang sama.

Deepavali merayakan kembalinya Rama, Sang Raja Ayodhya, istrinya, Sita, dan adiknya Laksamana ke Ayodhya dari sebuah perang di mana Rama membunuh Rahwana (Ravana). Dipercaya juga bahwa penyalaan lampu melambangkan jalan cahaya yang membimbing mereka di dalam kegelapan. (aka)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

Baca Lainnya